Rabu, 31 Juli 2013

Kardell Paper Co



Kardell Paper Co

Latar Belakang
Didirikan pada saat pegantian abad di Sungai Cherokee, bagian tenggara Ontario oleh keluarga Kardell. Tahun 1985 Kardell Paper Co berkembang sangat pesat dengan pendapatan $ 1,7 M pertahun. Keluarga Kardell tidak lagi memiliki Saham perusahaan, karena Saham sudah dijual kepublik. Laporan keuangan baik dengan kebijakkan perusahaan membayarkan bonus ke CEO dan eksekutif senior.

Kardell terletak di dekat Reverside, komunitas yang tinggal terdiri 2.000 orang, Riverside tergantung hidup dari pabrik, sekitar 500 orang bekerja disana. Meskipun pabrik ketinggalan jaman, tetapi tetap efesien dan menguntungkan, hanya saja “mental perlindungan lingkungan tidak dirancang” air limbah dibuang ke sungai Cherokee disaring hanya untuk menghapus tingkat kontaminasi sebagaimana yang diatur dala peraturan provinsi. Ada pabrik lainnya disebelah hulu dari pabrik Kardell.

Jack adalah seorang insinyur muda, merupakan asisten manajer produksi di pabrik Kardell, ia cukup peka terhadap masalah lingkungan dan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi terkini dari pabrik kertas. Jack memantau aktifitas dari laboratorium pabrik, yang pada tahun 1985 memperkerjakan sorang mahasiswa magang untuk melakukan tes kualitas air di sungai Cherokee yang terletak dihilir pabrik.

Tes ini diambil diseluruh kedalaman sungai. Dilakukan tes dekat pipa pembuangan pabrik yang menunjukkan angka tinggi untuk sebuah bahan kimia industry yang disebut SONOX. Jauh dari pabrik dan ditepi seberang sungai, air hanya menunjukkan jumlah jejak kecil Sonox. Sonox digunakan dalam pembuatan kertas bleached kraf yang mulai di produksi Kerdell dalam beberapa tahun terakhir. 

Isu
Mahasiswa menemukan bahwa laboratoruim tidak memasukkan pembacaan Sonox yang tinggi dalam laporan bulanan manajemen. Ini menjadi bahan bagi Jack, kemudian Jack tahun 1985 Jack membuat laporan ke CEO, dengan rekomendasi harus dilakukan penelitian yang mendalam tentang situasi dan implikasinya terhadap kesehatan masyarakat dan efek jangka panjang ekologi.

Dalam rekomendasi Kardell melaksanakan “audit lingkungan” pada operasionalnya, Jack menunjukkan bahwa Dokter local di Riverside telah mengungkapkan keprihatinan atas apa yang berimbas pada tingkat keguguran dan gangguan pernapasan pada masyarakat yang luar biasa tinggi. Jack mengatakan pada CEO bahwasanya ada data yang menyarankan kemungkinan hubungan antara masalah kesehatan dan sonox, tetapi tidak ada bukti yang pasti.

Dalam mengangkat keprihatinan ini Jack menawarkan solusi pilihan kepada CEO yaitu Kardell untuk menadopsi teknologi baru yang menggunakan teknik daur ulang untuk air limbah. Teknologi tersebut beroperasi secara tertutup dan tidak hanya melindungi lingkungan tetapi memperoleh kembali limbah kemudian dijual kembali kepada produsen kimia. Dengan demikian dalam jangka panjang proses baru akan efektif dari sisi biaya. Dalam jangka pendek bagaimanapun juga menyesuaikan. dengan menggabungkan teknologi baru akan menelan biaya sekitar $70 juta, dan selama proses retrofit, pabrik harus beroperasi pada tingkat kapasitas yang rendah selama sekitar satu tahun dan mungkin ditutup sama sekali untuk satu tahun tambahan demi membuat perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar